Tempat Wisata Dekat Stasiun Wonogiri, Cocok Didatangi Kalau Naik Kereta Batara Kresna dari Solo

Stasiun Wonogiri

FubukiAida.com - Batara Kresna adalah satu-satunya kereta yang melayani transportasi berbasis rel dari Solo ke Wonogiri.

Kereta ini melayani perjalanan PP, masing-masing dua kali dalam sehari.

Tak hanya bisa ditumpangi dari Solo, warga dari Sukoharjo bisa naik kereta ini dari stasiun Sukoharjo.

Kereta Batara Kresna memiliki biaya yang sangat terjangkau, yakni Rp 4.000 saja untuk sekali perjalanan.

Lantas, jika kamu naik kereta Batara Kresna dari Solo ke Wonogiri, enaknya mampir wisata kemana?

Ide aktivitas saat naik kereta Batara Kresna ke Wonogiri

Sebelum membahas mengenai tempat wisata dekat Stasiun Wonogiri, berikut ini beberapa ide aktivitas yang bisa dilakukan kalau naik kereta Batara Kresna ke Wonogiri:

1. Pasar Wonogiri

Mampir ke Pasar Wonogiri dan belanja di sana, sepertinya bisa menjadi ide yang menarik buat kalian yang keretaan pakai Batara Kresna.

Pasar Wonogiri lokasinya cuma sekitar 200 meter dari Stasiun Wonogiri. Cukup jalan aja ke timur udah sampai deh di pasar.

Saat di pasar Wonogiri tentu saja bisa beli banyak hal, seperti: baju, aksesoris, sayur-mayur dan sebagainya.

Karena lokasinya dekat banget dengan stasiun, jadi kalau malas jalan jauh-jauh ya salah satu pilihannya datang ke pasar.

2. Mampir makan 

Aktivitas makan juga bisa menjadi ide buat kamu yang keretaan ke Wonogiri. Depan Stasiun itu ada Warung Mbah Beth namanya. Ini warung legend sih karena udah ada sejak dulu meskipun dulunya nggak jualan di situ.

Menu paling enak kalau menurut saya adalah lontong opornya. Rasanya nyummy banget. Khas gitu, dengan tambahan semacam kuah kedelai atau( apa nggak paham namanya, hehe).

Di dalam pasar Wonogiri juga ada sejumlah tempat makan yang rekomen juga, seperti Warung Pak To, Yu Lasi, Bakso Rahayu, masih banyak lagi. Eksplor saja kalau kemari.

Terus di seberang Pasar Wonogiri, juga ada warung bakso terkenal yakni warung Bakso Gajah Mungkur, dan Warung Bakso Pak Bagong.

3. Mampir ke Toko Baru

Baru Toserba lokasinya tak jauh dari Pasar Wonogiri. Jadi kalau naik kereta ke Wonogiri, kamu juga bisa mampir ke Baru Toserba.

Jadi Baru Toserba ini udah seperti mallnya Wonogiri. Selain menjual beragam perabot dan kebutuhan rumah tangga, baju, maupun alat tulis, Toserba ini di lantai atas juga ada food courtnya, dan ada pula arena bermain anak.

4. Mampir ke Car Free Day (CFD) Wonogiri

Nah, jika ke Wonogiri saat Hari Minggu, bisa tuh mampir jalan-jalan ke CFD Wonogiri.

Lokasi CFD itu tak jauh dari Ponten, dan membentang melewati alun-alun Wonogiri hingga sebelum jembatan Pokoh.

Jalan aja dari stasiun Wonogiri buat ke CFD, nggak jauh kok. Sekalian jalan-jalan pagi di Wonogiri kan seger,,,

Tapi ingat yak, CFD nya hanya sampai jam 9.00 pagi. 

Tempat wisata Wonogiri dekat stasiun

Nah, jika sedang naik kereta Batara Kresna ke Wonogiri dan mencari tempat wisata Wonogiri dekat stasiun, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata Wonogiri dekat stasiun:

1. Gunung Gandul

Gunung Gandul adalah tempat wisata paling dekat dari Stasiun Wonogiri. Karena ya bisa dibilang stasiun Wonogiri ada di kaki Gunung Gandul.

Nah rute terdekat untuk menuju ke Gunung Gandul bisa jalan ke utara dari stasiun, terus jika ketemu perempatan ada patung sapunya, belok ke kiri.

Hati-hati nyebrang rel, terus nanti ada belokan belok ke kanan lurus, terus nanti tanya warga sekitar aja karena saya juga bingung ngejelasinnya. Haha.

Tapi ingat, kalau kemari walaupun gunungnya tidak tinggi, tapi hati-hati ya. Tempatnya sepi, licin dan juga banyak keranya.

Tapi buat yang emang seneng mendaki pasti bakalan cocok kalau kemari.

2. Watu Cenik

Nah, kalau mau ke Watu Cenik bisa juga tuh, tapi harus naik angkot atau Gojek buat nganterin ke sana. Eits, itupun nggak sampai atas. 

Nggak semua Gojek bisa nganter ke Watu Cenik, soalnya tempatnya tinggi banget dari jalan raya.

Jadi ya kalau naik angkot atau ojol nanti cuma sampai gapura bawah saja terus jalan ke atas. 

Jalan ke atasnya ini tinggi banget. Bakalan cuapek. Tapi ya nggak papa sih sekalian olah raga, cuma persiapan aja bawa air minum.

Watu Cenik ini menawarkan pemandangan Wonogiri dari ketinggian. 

Kita bisa melihat luasnya Waduk Gajah Mungkur dari atas, dan hijaunya pepohonan di area bawah.

Nah kalau mau lebih seru lagi tapi perjuangannya lebih hebat lagi, ke Bukit Ganthole 1 atau ke Soko Gunung yang lokasinya jauh di atas Watu Cenik.



3. Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur

Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur adalah salah satu wisata ikonik di Wonogiri. 

Cocok banget buat wisata keluarga apalagi kalau bawa anak-anak kecil.

Ada banyak kelebihan dari tempat ini: kuliner banyak piilihan, bisa lihat kebun binatang, berenang, naik kereta, naik perahu, banyak banget pilihannya.

Nah jadi saran saya kalau memang bareng keluarga besar,  mending ke Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur saja.

Untuk menuju ke Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur, bisa dengan naik ojol, atau angkot.


4. Plaza Wonogiri

Nah, selanjutnya tempat wisata dekat Stasiun Wonogiri adalah Plaza.

Jangan bayangkan, maksud plaza di sini adalah mall ya, karena bukan itu maksud saya.

Yang disebut Plaza ini adalah lokasi di mana patung Bedol Desa berdiri. Patung Bedol Desa Wonogiri, menggambarkan bagaimana orang-orang zaman dahulu melakukan transmigrasi bedhol desa akibat adanya rencana pembangunan Waduk Gadjah Mungkur.

Jadi Plaza ini lokasinya dekat dengan lokasi pintu air PLTA Wonogiri, biasanya kalau ke Plaza pengunjung akan lewat jalan yangmana kita bisa melihat ke arah pintu air. Jadi kalau pintu air dibuka, ya bisa dilihat tuh limpasan airnya.

Orang Wonogiri kalau menyebut lokasi Patung Bedhol Desa adalah dengan sebutan Plaza. Alasannya kenapa saya juga nggak tahu.

Di sini pengunjung bisa bersantai-santai sambil menikmati aneka rupa panganan yang dijajakkan, melihat air Waduk Gadjah Mungkur, atau menikmati angin yang bertiup sepoi-sepoi.

Kalau mau kemari, sebaiknya ngojol aja deh, Kalau nggak, pakai angkot tapi mungkin sewa, Karena sepertinya nggak ada yang langsung kemari.

5. Waduk Tandon

Nah, wisata Wonogiri selanjutnya yang tak jauh dari Stasiun Wonogiri adalah Waduk Tandon.

Untuk menuju kemari sebaiknya juga pakai ojol saja. Tapi kalau mau angkot tanya saja ke supirnya dulu ya. 

Kalau naik angkot mungkin bisa nganter sampai jalan besar arah ke waduk. Nanti tinggal jalan aja lurus. Ya walaupun agak jauh sih.

Waduk Tandon ini waduk yang memiliki suasana tenang dengan air yang juga tenang. Kalau pas pagi sejuk dan kalau pagi atau sore sering dipakai orang-orang buat jalan-jalan, lari-lari, sepedaan.

Kalau kemarau, waduknya mengering. Orang-orang biasanya juga akan menjadikan area waduk yang mengering sebagai lokasi alternatif wisata.

Tips

Oh ya, kalau mau nyari angkot, dari Stasiun Wonogiri, jalan ke timur aja ya. Terminal angkot ada di samping Pasar Wonogiri.

Angkutan Kota Wonogiri warnanya oranye, yang melayani berbagai rute.

Oh ya, kalau milih aktivitas wisata setelah naik kereta, pastikan dulu  kalian mau pulang naik apa dan jam berapa. Kalau pulangnya mau naik kereta lagi, maka pilih aktivitas yang mudah dijangkau saja.

Tapi kalau pulangnya mau naik bus ya santai sih. Asal nggak sampai di atas jam 16.00 cari bus masih mudah.


You Might Also Like

0 comments

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)