3 Kolam Renang Khusus Perempuan di Solo

Berenang merupakan salah satu olah raga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Ketika berenang, seluruh tubuh kita bergerak, secara otomatis ini membantu tubuh untuk bermetabolisme secara sempurna.

Namun sebagai perempuan, asal nyebur kolam bukanlah  hal yang bisa sembarangan saya lakukan.

Isin lekk…”

Hehe, alasan simpelnya itu. Ya walaupun sebenarnya berenang di kolam renang umum tidaklah masalah buat saya. Tetapi tetep saja paling nyaman itu ya di kolam yang memang khusus buat perempuan.


Untungnya, di sekitar Solo, ada 3 kolam renang solo yang bisa membuat saya nyaman untu ber-me time di dalam air.

Wkwkwk, gayanya me time.  Padahal sekian lama latihan renang tetep saja takut air.

1. Kolam Renang Umbul Asri Klaten


Umbul Asri
Umbul Asri


Lokasi Umbul Asri memang tidak berada di Solo, tetapi jaraknya lumayan dekat. Hanya butuh sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan motor, kita akan dibawa pada kesejukan kolam renang yang sumber airnya berasal dari sumber air alami Umbul Nila.

Umbul Asri menyediakan beberapa pilihan kolam renang: anak-anak, dewasa, dan khusus wanita. Untuk kolam renang yang khusus perempuan, tersedia 2 jenis kolam. Dewasa dan anak-anak. Tiket masuk Umbul Asri hanya Rp. 3.000.

Akses menuju Umbul Asri Klaten cukup mudah, dari Solo, hanya tinggal ikuti jalur Jogja. Sampai Pasar Tegal Gondho, maju sedikit nanti belok kanan, nyebrang, lalu lurus saja terus ke arah Janti. Umbul Asri ada di kiri jalan. Saya pernah membahas tentang asyiknya ke Umbul Asri ini.

2. Kolam Renang Tirtomoyo Solo



Lokasinya di daerah Jebres Solo. Di samping Fak. Kedokteran UNS. Kolam renang Tirtomoyo Jebres ini sejatinya tidak khusus untuk perempuan. Hanya saja setiap hari Selasa dan Jumat, antara pukul 6.00-9.30 kemudian lanjut lagi pukul 14.00-17.00, kolam renang ini dikhususkan untuk perempuan.

Terdapat 2 tipe kolam renang di sini. Dewasa dan anak-anak. Kolam renang Solo yang pernah menjadi saksi digelarnya PON untuk pertama kalinya ini, untuk bagian dewasa memiliki kedalaman bertingkat. Kedalaman maximal mencapai hampir 4 meter.

Kolam renang Tirtomoyo Jebres merupakan salah satu kolam renang tertua di Solo yang dikelola PDAM. Meskipun kondisinya memprihatinkan seperti adanya beberapa kamar mandi yang rusak dan tidak difungsikan, tapi rupanya kolam ini kolam bertaraf nasional yang kualitas airnya dijaga dengan didukung adanya sistem filter sirkulasi. Menurut cerita yang saya dapatkan dari pegawai di sana, setiap 2 kali dalam seminggu dilakukan pengecekan terhadap airnya, terutama PH sehingga air kolam aman untuk kulit dan mata.

Baca Juga



Ketika hari khusus perempuan tiba, kolam renang Tirtomoyo Jebres ramai oleh para wanita terutama ibu-ibu yang banyak diantaranya sedang melakukan terapi. Terapi untuk penyakit HNP atau bahasa umumnya saraf terjepit. Yang bikin terharu, pernah saya menemui Ibu-ibu yang ketika di darat ia berjalan dengan terhuyung-huyung bahkan harus menggunakan tongkat, tetapi ketika di air seolah-olah ia tidak punya penyakit apa-apa.

Di kolam renang Tirtomoyo, terdapat pula seorang pengawas kolam renang Solo yang bertugas memantau para perenang supaya aman. Ketika hari Selasa dan Jumat, karena itu merupakan harinya perempuan, maka otomatis pengawasnya pun juga merupakan seorang perempuan.

Paling nyenengin kalau kemari adalah saat disela-sela berenang, biasanya saya dan teman-teman icip-icip pecel nasi merah yang harganya sebungkus hanya Rp. 3.000. Sebungkus nasi merah ditemani teh hangat dan gorengan anget, terasa nikmat saat perut merasa lapar karena lemak-lemak baru saja terbakar saat berenang.

Tiket masuk Kolam Renang Tirtomoyo Jebres saat hari khusus putri Rp. 10.000. plus parkir Rp. 2.000. Jadi kalau mau kemari minimal sediakan uang Rp. 12.000. Harga yang lebih mahal jika dibandingkan saat hari-hari biasa dimana tiket masuknya hanya Rp. 7.000.

Walaupun di kolam renang Tirtomoyo Solo dinding-dindingnya sering saya lihat ada lumut yang melambai-lambai, luas kolamnya yang panjang terbentang yang bikin saya tetap suka kemari. Ya walaupun saya cuma berenang di sisi lebar kolam dan bukan panjang kolam, tetapi lebarnya yang mungkin mencapai 7 meter-an ini lebar yang cukup ‘lega’ lah buat saya yang masih pemula.

3. Kolam Renang Perempuan Isyika Solo


Arena Bermain di Isyka
(Sumber: FB Kolam Renang Isyka)
*note: saya tidak memfoto disini. Karna anjurannya memang tidak memotret di sini :-)


Satu lagi kolam renang khusus perempuan di Solo. Yakni kolam renang Isyka. Nah, kalau kolam renang ini bukan hanya kolam renang khusus perempuan saja. Tetapi kolam renang indoor ini dikhususkan hanya untuk muslimah. Peraturannya, kalau mau berenang di sini, maka wajib untuk menggunkan baju renang muslimah dilengkapi dengan jilbab atau minimal penutup kepala. Jika tidak membawa baju renang muslimah, maka terdapat penyewaan baju renang di bagian pembelian tiket masuk. Namun jika merasa menyewa kurang membuat nyaman, disediakan pula  kok baju renang muslimah yang dijual.

Kolam renang Isyka ini sebenarnya berada di tepi jalan. Namun memang tidak dipasang papan nama, jadi agak sulit untuk yang belum pernah kemari. Ancer-ancernya deket Regina Pacis. Sebrang Rumah Makan Boga-bogi. Kolam renang Isyka Solo memiliki dua bagian kolam, dewasa dan anak-anak. Kabarnya, kolam renang Isyka ini masih satu kepemilikan dengan Apotek Isyka dan juga RS Karima Utama. Untuk masuk kemari tiket masuknya Rp. 15.000.

Baca Juga



Nah, untuk yang ingin berlatih berenang, baik kolam renang Isyka maupun kolam renang Tirtomoyo terdapat pelatih renang yang bisa dihubungi. Rata-rata mereka menawarkan 2 pilihan, per pertemuan maupun paketan. Jika latihan per pertemuan, maka harganya kisaran antara Rp.40.000-Rp. 60.000. Untuk pastinya, silahkan datang langsung saja ke TKP :-)

Akhir kata, "mari sehat, mari berenang"

Lihat juga tentang Kolam Renang Alila Hotel Solo

Atau jika kamu ingin berenang di Kolam renang Solo ke selatan alias ke Wonogiri, mungkin kamu bisa berknjung ke Kolam Renang Soko Langit Wonogiri.

You Might Also Like

32 comments

  1. Aku pernah ke umbul asri waktu anter krucils berenang, tapi ga tau kalo ada kolam khusus wanitanya 😁
    Lokasinya deket banget dari rumah, 15 menit sampe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh, deket tuh. Bisa tuh mbak kapan2 saya mampir. hehe.
      Kolam yang buat perempuan letaknya memang agak ke belakang. Jadi wajar mbak kalau nggak tahu

      Delete
    2. Kak kalo mau latihan gimana daftar nya. Dan per paketnya berapa. Untuk anak SD kelas 4

      Delete
  2. Kolam renang yang sering ku kunjungi setiap 2 minggu sekali kalau gak tirtomoyo ya umbul Asri, nyaman in sya Allah..tapi sudah 4bulan ini cuti dlu mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sama berati. Lha kenapa mbak kok cuti??

      Delete
  3. Pengin ih... Pengen belajar renang. Tapi anak lanang 8 tahun, boleh masuk gak ya di Isyka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya boleh Mbak. Saya pernah lihat rombongan anak-anak sekolah dimana banyak juga anak laki-lakinya. Cuma saya kurang tahu pasti berapa batasan usia anak laki-laki yang diperbolehkan ke sana. Kapan-kapan coba tak tanyakan mbak

      Delete
  4. Aku baru tau kalo umbul asri ada khusus wanita nya mba. Bisa di coba kalo gt kapan2, deket rumah sama murah juga. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Umbul Asri komplet, dari mulai anak2, dewasa, jga khusus wanita

      Delete
  5. Jadi,kapan kita renang brg Mbak Aida? :D

    ReplyDelete
  6. aku penasaran umbul asri ki sebelah ndi ya..hahaha, tapi sayangnya khusus wanita

    ReplyDelete
    Replies
    1. arah janti. dekete umbul manten pak Dhanang

      Delete
    2. ini umum hloo. tapi ada khusus bagian wanitanya

      Delete
  7. Replies
    1. kolam renang lainnya kolam renang umum gan. kapan2 saya bahas

      Delete
  8. Tampak depannya isyka kyk gmn ya mba? krn dulu nurutin gps malah nyasar jd blm coba nyari lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak saya potret kak. sebrangnya boga bogi pokoknya

      Delete
  9. Harga baju renang yg dijual di isyka brpaan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya terakir beli itu harga sekitar 160 n ribu mbak

      Delete
  10. di isyka buka mulai jam berapa mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hari biasa jam 6 pagi udah buka kecuali sabtu agak siangan

      Delete
  11. sayang ya hanya bisa untuk perempuan ... pingin bawa keluarga kesitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tirtomoyo sama asri kan nggak khusus perempuan gan. Bawa aja kesitu. Tapi ya liat jamnya :D

      Delete
  12. Wahh terimakasih infonyaa!
    Kebetulan saya adalah salah satu mahasiswi perantau di Solo, hehe. Bermanfaat sekali artikelnya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak. Met berenang dan jangan lupa di share yak :)

      Delete
  13. Mbak yg isyka bolehkah untuk non muslim? Sy sedang mencari pool khusus cewek yg nyaman. Maturnuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. khusus muslim mbak. tetep harus pake jilbab saat berenang. di tirtomoyo sama asri aja mbak, cukup nyaman. Apalagi yang asri, airnya air umbul. jadi seger

      Delete
  14. boleh iklan sedikit mbak?
    saya jual baju renang muslimah 198rb, anak2 putra putri dan pria dewasa (macam² harganya). sy tggal disolo. cocok untuk muslimah yg mau renang. bisa wa sy 085740049434
    tmn2 sy seringnya ke isyka..asyik khusus putrinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak mau tanya kolam renang isyka pindah lokasi apa sudah tutup ya? Untuk guru les renang ada yg punya kontakny?

      Delete
    2. udah hilang mbak kontaknya. hehe. Datang aja ke sana, tanya petugasnya masalah les renang. Udah beberapa bulan nggak ke ishika. Setau saya masih. Jenengan kalau ke sana jalan lurus saja sampai belakang. Soalnya kolamnya di belakang

      Delete

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)