Watu Cenik Wonogiri, Spot Selfie Balon Udara Yang Instagramable

Kalau saja saya berani memacu motor melawan ketinggian, mungkin nyaris setiap hari saya mendatangi kawasan desa wisata Sendang Pinilih Wonogiri. Membuang pandang melihat luas bentangan alam dari ketinggian, bagi saya adalah hal yang bisa membuat pikiran tenang. Belum sepoi angin yang berhembus, sejuk membius. Mematikan saraf-saraf kepenatan, menerbangkannya jauh,  menggantikannya dengan buai-buai euforia yang selalu berhasil membuat saya merasa bersemangat lagi melalui hari.

Tapi yahhh, mengendarai motor menerjang ketinggian adalah salah satu ketakutan yang sampai detik ini belum bisa saya lampaui. Jangankan mengendarai motor sampai kawasan Desa Wisata Sendang (Watu Cenik, Bukit Joglo maupun Soko Gunung) melewati tanjakan dekat rumah saja saya masih sering keder. Jadi kalau mau ke tempat-tempat itu, saya pasti nunggu momen sampai ada yang bisa diajak ke sana.

Senja Di Watu Cenik

Beberapa waktu lalu, setelah sekian purnama terlampaui akhirnya saya kembali lagi menjamah desa wisata Sendang. Dan yang menjadi jujugan kali ini, adalah Watu Cenik.

Jaman dahulu, Watu Cenik lebih sering disebut dengan Bukit Susu ataupun Gantole 1 atau juga Bukit Prampelan. Tapi entah sejak kapan namanya menjadi watu Cenik.

Daya lebih Watu Cenik terletak pada viewnya berlatar Waduk Gajah Mungkur. Lihat saja, bagaimana perairan Waduk Gajah Mungkur terlihat luas dan barisan karamba yang terapung terlihat seperti barisan semut-semut kecil

watu cenik wonogiri

Kala Sore menjelang Watu Cenik makin memukau dengan semburat jingganya yang bersih. Sisi romantis langit Wonogiri tampil dari sini. Memancing decak pukau, siapapun yang menikmatinya kala senja mulai kentara

senja bukit gantole

Dibandingkan dahulu, Watu Cenik yang sekarang lebih jauh terawat. Spot-spot selfie dihadirkan untuk memanjakan orang-orang jaman now.

Yang lagi happening di Watu Cenik adalah hadirnya spot foto yang bikin saya merasa ala-ala di Cappadochia. Aihhhh, biarpun nggak bisa terbang beneran tapi paling tidak, bagus masuk bingkai jepretan. 

spot selfie wonogiri

Setidaknya karena saya ingin bisa beneran naik balon udara di Capadochia, saya berdoa dalam hati, semoga suatu hari naik balon udara di Capadochia beneran bisa jadi nyata. Hehe


Tak hanya tentang balon udara, spot selfie Watu Cenik cukup menarik juga dinikmati dari bingkai alay nya yang berbentuk love. Wekekek. 

watu cenik wonogiri

Karena kemarin saya kemari barengan keluarga, jadi tentu paling asyik pose ramai-ramai. Dari bekas landasan pacu gantole yang berupa kayu-kayu, pose rame-rame ala keluarga yang doakan saja selalu bahagia gini, rupanya lumayan kece juga.  

bukit prampelan

Usai lelah berhaha-hihi di Watu Cenik, lokasi ini menyediakan pula gasebo-gasebo untuk duduk-duduk santai sembari ngemil.

Nggak hanya itu, akses wifi pun tersedia di sini. Jadi sembari duduk-duduk di gazebonya para pengunjung bisa sesegera mungkin mengabarkan kepada dunia bahwa kini sedang ada di Watu Cenik. Kalau saya kemarin sih langsung ceki-ceki email mumpung pas kuota abis. Hehe. 

dewita sendang pinilih

Nama Watu Cenik sendiri asalnya dari dua batu yang nyenik (duduk). Dulu sebelum ada tulisan identitas “Watu Cenik” saya bisa foto-foto sambil duduk di atas batunya. Tapi sekarang tulisan identitas ini dipasang tepat di depan batu, jadi agak susah mau foto di sana.

asal usul watu cenik

Akses Menuju Watu Cenik

Nah, kalau mau menuju Watu Cenik caranya gampang sekali. Cukup pacu motor arah Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur, nanti setelah jembatan sebelum sampai waduk, ada gapura menara filter. Dari  gapura ini naik terus ke atas, nanti sampai di tempat penjual tiket akan disuruh belok kanan. Kalau untuk ke Soko Gunung dan Bukit Joglo masih lurus terus.

Tarif Masuk Watu Cenik

Untuk memasuki Wisata Watu Cenik pengunjung harus membayar tiket masuk kawasan Wisata Sendang Pinilih Rp. 4.000 per orang, kemudian membayar parkir motor Rp. 2.000.

Kalau mau kemari, harap diingat untuk memastikan kondisi motor/mobil dalam kondisi yang baik yak!

Baca Juga



Kalau mau kemari pakai kendaraan umum, kamu bisa naik bus jurusan Solo-Pracimantoro, atau dari terminal pasar Wonogiri atau dari Gudang Seng, naik angkot arah Waduk Gajah Mungkur. Tapi kalau via dua transportasi ini, naiknya jalan kaki berati. Haha. Nggak papa sih malah sehat.

Kalau kamu mau mencoba, kamu bisa order Gojek buat mengantar kemari. Kalau kamu beruntung driver gojeknya mau diajak naik ke Watu Cenik, bahkan terus sampai ke Soko Gunung seperti saya beberapa waktu sebelumnya yang order Gojek buat nganter kemari. Hehe.

Nah,  sepenggal video singkat tentang Watu Cenik bisa diplay di chanel youtube saya






You Might Also Like

31 comments

  1. Pingin naik balon udaranya nih, bagus banget view pemandangannya. :D

    ReplyDelete
  2. Sayan jauh banget, padahal bagus tempatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak papa mbak. Sempatin aja sesekali wisata ke wonogiri

      Delete
  3. Benar-benar instagramable yaa tempatnya. Jadi pingin ke sini.

    ReplyDelete
  4. Balon udarane yakin aman kan da? Hehehe, pengin tp kok ciut nyali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman lah wong ra obah. Wkwk. Aman juga buat foto karena disemen jadi nggak usah takut rubuh

      Delete
  5. Mbak, kayaknya foto di keramba malah asyik loh :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jane mas. aku malah belum pernah. Disana cuma sekedar naik speed boat terus lewat sampingnya aja dulu

      Delete
  6. Wahhh.... balon udaranya keren banget. Mau naik.
    Semoga bisa ke sana.

    ReplyDelete
  7. Tempat-tempat foto gini banyak, tapi kayaknya yang view waduk gitu baru.

    ReplyDelete
  8. indahnya sunsetnya, jadi pingin naik balon udara

    ReplyDelete
  9. Wow ada balon udara. Pengen naik dong. Aduh lokasinya cakep. Siap2 kamera.

    ReplyDelete
  10. Keren ya lokasinya buat berwisata, dulu ke Wonogiri baru sempat beli kacang mede aja

    ReplyDelete
  11. Wah bagus banget ini! Eh, kalau saya dari Jawa Timur, lebih dekat sama lebih mudah akses kendaraan umumnya dari Karanganyar apa Ponorogo sih?

    ReplyDelete
  12. Bisa foto2 di balon udara. Boleh bgt tuh buat pamer di sosmed

    ReplyDelete
  13. Wahh.. pemandangannya bagus sekali, terutama pas senja, cantik euy..
    BTW, itu balon udaranya beneran terbang apa cuma nagkring di tempat atau tanah aja buat foto?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nangkring aja. Kan udah kusebutin di atas. Haha

      Delete
  14. Owalah itu spot selfie to mbak, tak kira bisa naik beneran. Wkwkwkw.. tapi josss sih untuk viewnya :)

    ReplyDelete

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)