Kesegaran Pagi di Umbul Asri, Klaten

Lagi seneng-senengnya bisa berenang, membuat saya benar-benar rindu saat selama nyaris dua bulan saya dalam kondisi tidak memungkinkan untuk menyempatkan diri sekedar mampir ke kolam renang.

Yeah, sindrom sok sibuk menghinggapi saya selama dua bulan ini. Halah.

Jadi ceritanya, pagi ini saya sedang ada free time. Maka ketika kerinduan pada air itu memuncak, seorang kawan baru langsung saya ajak berenang. Olala, ajakan saya rupanya sangat tepat. Karna kawan baru saya ini punya rekomendasi tempat berenang untuk muslimah yang oke punya.

Masih di sekitaran Surakarta, ya meskipun sudah masuk lingkup Klaten. Kolam Renang Umbul Asri nama tempat itu. Tempat yang didirikan sejak 2009 ini, baru saja saya ketahui di pagi hari ini.




Umbul Asri Klaten
Umbul Asri Klaten


Berlokasi di Jln. Raya Tegalgondo – Pulon No. 88 (Janti) Wunut – Tulung – Klaten – Jawa Tengah, Kolam Renang Umbul Asri menyajikan tempat yang bisa saya katakan “Asri”. Sebutan yang pantas sesuai dengan namanya.

Baru perjalanan menuju lokasi saja, saya sudah dibuat bahagia. Hamparan persawahan yang menghias selama perjalanan berpadu dengan angin sepoi, seolah mampu membawa terbang sejenak beragam hal yang ingin dilupakan.

Tiba di lokasi, parkiran yang luas masih terlihat sepi. Ini yang saya suka dan menjadi alasan saya datang pagi-pagi. Menghindari keramaian.

Tiket Masuk Kolam Renang Umbul Asri Murah Fantastis


tiket masuk umbul asri



Untuk memasuki Umbul Asri, pengunjung cukup membayar Rp. 3.000 dan langsung bisa menikmati seluruh fasilitas kolam renang. Bebas mau berenang di kolam renang sebelah mana pun. Tiketnya hanya Rp. 3.000. Menariknya lagi, ada banyak ban-ban karet yang tersedia gratis.


Umbul Asri Cocok Untuk Wisata keluarga



Foto ini diambil ketika airnya baru saja diisi


Kolam Renang Umbul Asri terbagi beberapa bagian. Kolam Renang Dewasa, Kolam  Renang Anak, dan Kolam Renang Muslimah. Asiknya, kolam renang di sini dilengkapi pula dengan perosotan serta beberapa kuda-kudaan tempat main anak-anak.  So, kalau yang udah berkeluarga liburan bareng ke sini, sepertinya bakalan asyik.

Kolam Muslimah



umbul asri khusus wanita



Ini yang paling menjadi alasan saya datang kemari. Ada bagian khusus kolam renang untuk muslimah di Umbul Asri. Kolam renang ini merupakan kolam renang indoor. Tempat ini dibatasi dengan tembok, dan atasnya ditutup dengan semacam kain hitam, -tak tau namanya-

Kamar mandinya pun untuk yang kolam muslimah ada sekitar 6 kamar mandi, yang terjaga kebersihannya.



Kolam Muslimah ini  tetap terbagi dua bagian: lumayan dalam dan kurang dalam. Jadi untuk para perempuan yang baru belajar berenang, tak perlu khawatir datang kemari. Apalagi kalau ada para ibu-ibu yang ingin mengajar berenang anaknya.

Sumber Air Alami.


Klaten memang terkenal dengan keberadaan umbul-umbul airnya. Di Umbul Asri ini, Sumber air kolam renangnya pun asli dari Umbul Nila. Sumber Air Alami ini, yang membuat air menjadi dingin dan terasa segar. Saya kebetulan bertemu dengan pemiliknya. Ibu Hesti, seorang warga asli Solo. Darinyalah saya mendapat cerita  bahwa air dari Umbul Nila dialirkan ke Umbul Asri. Kemudian air-air yang mengalir ke kolam ini, akan mengalir ke sungai. Jadi air di kolam tidak pernah benar-benar berhenti. Karena air dari umbul Nila selalu mengalir. Saya jadi makin berdecak suka, karena berarti air di Umbul Asri cukup terjamin kebersihannya. Kolam renang sendiri selalu tetap dibersihkan setiap hari senin untuk menghindari terbentuknya lumut-lumut di dinding kolam.

Lelah Berenang? Bisa langsung Makan



Umbul Asri, sekaligus menyediakan pilihan makanan yang beragam. Lele, Nila, Cumi, Ayam, Bakso. Minumannya pun tak kalah keragamannya. Mulai dari es teh, jus,sirup serta minuman tradisional seperti beras kencur dan es asem.

Satu aturan dari kolam renang Umbul Asri yang tidak sepantasnya dilanggar “Diharapkan Tidak Membawa Makanan Dari Luar”. Sang pemilik sendiri bercerita, aturan ini sebetulnya bukan berarti kita diharuskan membeli makanan dari tempat itu. Tetapi, harapannya, ada kejujuran dari para pengunjung untuk menghargai aturan yang ada. Alasannya, untuk menjaga kebersihan.

Umbul asri menyediakan tempat bersekat-sekat di pinggiran kolam renang. Tempat ini ditujukan untuk makan sembari istirahat sesudah lelah berenang. Bahkan sebetulnya, tempat rest di kolam muslimah pun dilarang untuk makan walaupun makanannya beli di tempat ini. Karena para pengunjung kolam muslimah diharapkan setelah berenang dan membersihkan diri bisa beristirahat dan makan di tempat yang disediakan.

Alasannya sama, agar kebersihan terjaga. Tetapi pada kenyataannya banyak pelanggaran terjadi.

Melihat Tempat Pembibitan Ikan





Dari Kolam Renang Umbul Asri, kita juga bisa melihat pemandangan lain selain kolam renang. Tepat di belakang Umbul Asri yang merupakan kolam renang wilayah Solo Raya ini, terdapat tempat pembibitan ikan yang sangat luas. Kolam-kolam milik PT. Aqua Farm Nusantara ini berisi beragam ikan berbagai ukuran. Setiap kolamnya dilengkapi dengan kincir yang berputar. Sayangnya, saat saya ingin jalan-jalan kemari tidak diperkenankan masuk. Hiks T.T

Sebelah Umbul Asri pun terdapat area persawahan, Nampak hijau membentang. Tempat-tempat seperti ini selalu berhasil membuat saya menjadi fresh kembali.

***

Sekitar 3 jam saya menghabiskan waktu di kolam renang Umbul Asri. Lega, karena kemampuan renang saya yang masih ala kadarnya tidak hilang meskipun 2 bulan tak berenang.

“Renang kan, kemampuan yang mendarah daging. Sekali bisa, nggak akan hilang,” komentar kawan saya menanggapi kekhawatiran saya.

Sepanjang 3 jam, saya berkali-kali dibuat terkagum dengan kawan baru saya ini. Ia benar orang yang tepat yang saya ajak. Karena ternyata ia manusia air. Berkali-kali ia melakukan akrobatik di dalam air. Bahkan bukan hanya saya yang ternganga, beberapa ibu-ibu sampai geleng-geleng melihat aksinya.

Yeah, kolam renangUmbul asri, sepertinya saya bakal sering-sering ke sini.

You Might Also Like

6 comments

  1. Umbul asri buka hari apa sampe apa ya?besok senin tgl 2 januari 2017 ini buka apa endak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cob hubungi nomor ini ya 0822-2562-4031 kalau tidak, coba kontak ke fbnya: @umbulasri

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Apakah di Umbul Asrina harus pakai baju renang? Hehe terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak harus. tapi lebih baik ya tetep pake sih

      Delete
  4. sayang penjaga tiket masuj sangat sadis😥

    ReplyDelete

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)