wanita shalihah



kemarin nyoba browsing tentang makna perempuan shalihah,,,
gara-gara hati tertambat pada seorang cowok yang bisa dibilang "Sholeh" jadi agak merenungi diri. termenung, dan dalam ketermenungan itu aku bertanya "sudah salihah kah aku,,, hingga mendamba sesosok cowok soleh seperti si dia?"

tiba-tiba,,, jadi bertanya sendiri,,, apasih wanita salihah itu??

dan dalam pengelanaanku mencari makna salikhah,,, aku menemukan banyak postingan menarik tentang kriteria shalikhah,,,,,

Wanita shalihah di dunia, ia akan menjadi cahaya bagi keluarganya dan berperan melahirkan generasi dambaan. Jika ia wafat, Allah akan menjadikannya bidadari di surga. Kemuliaan wanita shalihah digambarkan Rasulullah Saw. dalam sabdanya, “Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah”.(HR.Muslim).

Dalam Al-Quran surat An-Nur: 30-31, Allah Swt. memberikan gambaran wanita shalihah sebagai wanita yang senantiasa mampu menjaga pandangannya. Ia selalu taat kepada Allah dan Rasul Nya. Make up- nya adalah basuhan air wudhu. Lipstiknya adalah dzikir kepada Allah. Celak matanya adalah memperbanyak bacaan Al-Quran.

Wanita shalihah sangat memperhatikan kualitas kata-katanya. Tidak ada dalam sejarahnya seorang wanita shalihah centil, suka jingkrak-jingkrak, dan menjerit-jerit saat mendapatkan kesenangan. Ia akan sangat menjaga setiap tutur katanya agar bernilai bagaikan untaian intan yang penuh makna dan bermutu tinggi. Dia sadar betul bahwa kemuliaannya bersumber dari kemampuannya menjaga diri (iffah).

Wanita shalihah itu murah senyum. Baginya, senyum adalah shadaqah. Namun, senyumnya tetap proporsional. Tidak setiap laki-laki yang dijumpainya diberikan senyuman manis. Senyumnya adalah senyum ibadah yang ikhlas dan tidak menimbulkan fitnah bagi orang lain. Wanita shalihah juga pintar dalam bergaul. Dengan pergaulan itu, ilmunya akan terus bertambah. Ia akan selalu mengambil hikmah dari orang-orang yang ia temui. Kedekatannya kepada Allah semakin baik dan akan berbuah kebaikan bagi dirinya maupun orang lain. Ia juga selalu menjaga akhlaknya.

Saat mendapat keterbatasan fisik pada dirinya, wanita shalihah tidak akan pernah merasa kecewa dan sakit hati. Ia yakin bahwa kekecewaan adalah bagian dari sikap kufur nikmat. Dia tidak akan merasa minder dengan keterbatasannya. Pribadinya begitu indah sehingga make upapa pun yang dipakainya akan memancarkan cahaya kemuliaan. Bahkan, kalaupun ia “polos” tanpa make up sedikit pun, kecantikan jiwanya akan tetap terpancar dan menyejukkan hati orang-orang di sekitarnya.

emang bener sih,, selama ini sosok wanita shalikhah yang aku liat selalu mempunyai aura yang menyejukkan, cantiknya selalu terlihat alami, lembut, pokoknya ada ketenangan tersendiri saat bersamanya.

wanita yang bisa sukses itu banyak, namun yang bisa shalikhah sangat tidak banyak.

hem,,,
tentunya sosok wanita shalikhah itu bukan aku banget lah. but its oke,,,
berusaha ajalah jadi sosok shalikhah itu, biarpun rasanya terlanjur sulit, setidaknya aku sudah berniat. tapi yang jelas niatan harus dibersihin dulu nih, hanya karena Allah. dan bukan karena dia, karena obsesiku padanya :-D

You Might Also Like

0 comments

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)