Cara Menuju ke Waduk Gajah Mungkur dari Solo dan Wonogiri Kota

Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur
FubukiAida.com – Bagi yang ingin liburan ke Wonogiri, mungkin bertanya-tanya bagaimana cara untuk mengunjungi Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur.

O.W Gajah Mungkur adalah salah satu tempat wisata ikonik yang ada di Wonogiri sehingga rasanya sayang sekali kalau datang ke Wonogiri tapi nge-skip datang ke OW Gajah Mungkur.

Jika Anda merupakan pengunjung dari Solo, untuk mengunjungi Waduk Gajah Mungkur, bisa dimulai dengan naik kereta Batara Kresna atau bisa juga naik bus jurusan Wonogiri.

Selanjutnya Anda bisa turun di Wonogiri Kota jika bus Anda adalah bus arah Pacitan, Batu, dan Tirtomoyo). Tapi jika bus yang Anda naiki dari Solo adalah bus jurusan Pracimantoro maka terus sajaa.

Bisa disimak tulisan saya sebelumnya tentang bagaimana cara ke Wonogiri dari Solo.

Selanjutnya jika Anda dari Wonogiri dan ingin ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur, maka di sini saya asumsikan Anda ingin berangkat dari Wonogiri kota.

Cara menuju Waduk Gajah Mungkur

Menuju ke Waduk Gajah Mungkur dari Wonogiri kota, sebenarnya cukup mudah jika Anda menggunakan sepeda motor.

Tinggal ikuti saja rute jalan arah ke Praci nanti pasti akan melewati Waduk Gajah Mungkur.

Tapi bagi Anda yang ingin menuju Waduk Gajah Mungkur dengan transportasi umum maka bisa melakukannya dengan beberapa cara.

Cara pertama menuju Waduk Gajah Mungkur Anda bisa menggunakan angkot.

Anda bisa datang ke terminal Kota Wonogiri yang ada di samping Pasar Wonogiri.

Nanti carilah angkuta atau angkot yang warnanya oranye yang memang bisa mengantar ke Obyek Wisata Gajah Mungkur.

Cara lain, Anda bisa datang ke Gudang Seng terlebih dahulu.

Titik maps Gudang Seng Saya share di bawah ini ya.

Jadi dari Gudang Seng, nantinya Anda bisa menunggu angkot jurusan OW Gajah Mungkur. Atau bisa pula di Gudang Seng Anda menunggu bus jurusan ke Pracimantoro.

Setelah naik, nanti mintalah turun di Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur.

Anda juga bisa menggunakan Gojek yang langsung mengantar ke OW Waduk Gajah Mungkur.

Atau bisa pula menggunakan Gojek untuk mengantar ke Gudang Seng baru selanjutnya sambung angkot/bus.

Ada apa saja di Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur?


Saya sudah lama sekali tidak mengunjungi Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur.

Yang pasti di sini ada kebun binatangnya, arena bermain anak, kuliner, wahana naik kapal, banana boat, terbaru kabarnya akan ada jembatan kaca yang akan dibangun.

Gambaran beberapa hal yang bisa dilakukan jika datang ke Waaduk Gajah Mungkur mungkin bisa disimak di tulisan saya sebelumnya.

Baca Juga: 7 Aktivitas Asyik ini Bisa Kamu Lakukan Saat Wisata Ke Waduk Gajah Mungkur

Saya terakhir ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur sepertinya sekitar 3 tahun lalu.

Saat itu cukup kaget dengan perubahan yang ada. 

Cukup kaget karena banyak pedagang yang entah kemana. Namun dari informasi yang saya dengar, kabarnya saat itu para pedagang dipusatkan di area khusus makanan yang lokasinya tak begitu jauh dari lapangan. 

Jadi ada bagian khusus warung-warung makan di sana.. 

Agak kurang sreg sih sama penataannya saat itu. Karena kejadian di rombongan saya dan teman-teman, habis jalan-jalan di area kebun binatang kan lapar, eh warung makan yang jual nila bakar yang merupakan khasnya Wonogiri malah masih jauh.

Akhirnya karena udah capek muter-muter kebun binatang akhirnya kita ya cuma leyeh-leyeh di salah satu bekas warung yang ada di sana.

Nggak tahu ya bagaimana model penataan Waduk Gajah Mungkur yang sekarang. Semoga sih sudah diperbaiki. Lebih seru kalau ada banyak pedagang tanpa perlu terpusat sih menurut saya. Seperti dulu. Ya gapapa sih terpusat, tapi ya tetep banyak yang tersebar.

Soalnya kan area OW Gajah Mungkur itu luas, nggak semua orang mau jalan dari ujung ke ujung. Beberapa cuma pengen nyari satu sudut yang masih kosong, ngumpul bareng keluarga terus njajan dibawa ke tempat kumpulnya.

Ya semoga ke depan OW Gajah Mungkur kian baik.

You Might Also Like

1 comments

  1. Waduk Gajah Mungkur sering diperbincangkan, walau memang kuno dan lama tempat ini punya rahasia yang menarik salah satunya hewan yang ada di sana. Agak sulit ya dari Solo ke Wonogiri tapi terbayar dengan keseruannya. Sayangnya jauh kalau dari Malang, hehe, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)