Menilik Game Working Space Pertama Indonesia yang Ada di Kota Solo

Game Working Space Kota Solo
Game Working Space Kota Solo
FubukiAida.com - Cukup bahagia saat mendengar bahwa Solo akan miliki Game Working Space yang bertempat di Solo Techno Park.

Wahh, Solo Techno Park makin layak disebut dengan Silicon Valleynya Kota Solo nih.

Menariknya, Game Working Space yang berlokasi di Solo Tekno Park ini adalah yang pertama di Solo sekaligus pertama di Indonesia

Apa nggak bikin saya makin bangga pada kota tetangga ini?

Saking bahagianya karena Solo akhirnya miliki Game Working Space, dengan penuh semangat saya ikut mendatangi acara peresmian lokasi tersebut pada Selasa (29/11/2022).

Tujuan didirikannya Game Working Space Solo

peresmian Game Working Space Solo
Peresmian Game Working Space Solo


Harapannya, Game Working Space Solo bisa menjadi pusat unggulan teknologi game serta sebagai penunjang dalam pengembangan ekosistem game di Indonesia dari hulu ke hilir.

Selain itu diharapkan lokasi ini bisa berkontribusi signifikan untuk kemajuan industri game nasional.

“Anak muda jangan hanya jadi pemain saja tapi juga bisa menjadi kreator. Sekarang tempat sudah ada, silakan dimanfaatkan sebaik-baiknya,” terang mas Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang datang untuk meresmikan acara pada Selasa (29/11/2022). 

Gibran berharap akan semakin banyak kreator game dari daerah termasuk Kota Solo melalui kehadiran Game Working Space ini.

Hal serupa juga disampaikan oleh sejumlah pembicara yang lain.

“Harapannya nggak hanya ceremonial tapi bisa jadi pusat center pengembangan game tanah air,” ujar Wakil rektor Bidang Keuangan dan Umum Universitas Terbuka Prof. Dr. Ali Muktiyanto,

Game Working Space sendiri merupakan bentuk kerja sama berbagai pihak, dari mulai dari  Ice Institute, Acer Indonesia, Kedaireka, Kemendikbudristek, Kemenparekraf, dan berbagai universitas.

Ada apa saja di Game Working Space Solo?

ruang Game Working Space Solo

Jadi saat keliling ke Game Working Space ini saya bisa melihat adanya ruangan dengan sejumlah PC yang dibilik-bilik yang bisa dimanfaatkan para pembuat game merancang gamenya.

Kemudian terdapat tempat untuk mengujicoba game, ruang VR, ruangan bersantai, loker, pokoknya terlihat nyaman seandainya pada kreator menggunakan lokasi Game Working Space ini.

Game Working Space di Solo Techno Park ini memang dirancang dengan menyediakan sarana prasarana yang terdiri dari stadium game berskala internasional, auditorium untuk kompetisi dan exhibition game serta fasilitas inkubasi bisnis yang diharapkan bisa menghasilkan talenta game sebagai game developer.

Tentunya sebagai lokasi yang nantinya diharapkan jadi tempat lahirnya para pengembang game, beragam hardware gaming unggulan juga dihadirkan di lokasi tersebut.

Beberapa peralatan yang berada di Game Working Space ini mendapat dukungan dari Acer.

Di antaranya adalah adanya 1 unit Predator Thronos full set, 1 unit Predator Orion PC, 12 unit Veriton PC, 12 unit Monitor XV242Y_P, 1 unit Projector BS-120P/PA, 10 unit Gaming Chairs, serta 1 unit Acer Swift 3 Ci5.

Rung VR Game Working Space

Nah, tahapan awal, Game Working Space ini akan menjadi lokasi inkubasi peserta program akselerasi talenta game nasional.

Ya semoga lokasi Game Working Space ini ke depan benar-benar bermanfaat untuk mencetak para kreator game tanah air.

You Might Also Like

1 comments

  1. Wah seru nih acaranya, seiring perkembangan teknologi semakin banyak kemudahan yang diperoleh. Salah satunya game ini, jadi penasaran pengin coba, sayangnya jauh di Solo. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)