Kolam Renang Soko Langit, Kolam Rooftop Rasa Ubud Di Wonogiri

Soko Langit, akhir-akhir ini namanya cukup bergema sebagai kawasan wisata baru di Wonogiri. Saya dua kali berkunjung ke lokasi ini. Pertama, adalah saat pembangunan di Soko Langit baru ada kebun buahnya saja, dan beberapa waktu lalu saya kembali lagi ketika wisata di desa Conto Bulukerto tersebut sudah dilengkapi dengan kolam renang rooftop yang sering disebut kolam renang Soko Langit

kolam renang soko langit
Kolam Soko Langit
docpri

Tentu saja, saya tertarik mengunjungi Padepkan Soko Langit, lantaran kolam renang di sana terlihat memukau dilihat dari foto-foto akun-akun hits Wonogiri dan seputaran Surakarta.

Kolam renang Soko Langit berada di ketinggian, ia disebut-sebut sebagai kolam renang yang mirip kolam di Ubud sana. Yeahh, jadi istilahnya, ini swimming pool Wonogiri, rasa Ubud. Berlebihan memang, tapi tak apalah, pasalnya memang kolam renang Soko Langit merupakan kolam renang rooftop yang mungkin satu-satunya di Wonogiri yang memiliki view pegunungan layaknya di Ubud sana.

Daftar Isi
  1. Pemandangan Soko Langit
  2. Tarif Berenang dan Tiket Masuk Soko Langit
  3. Rute Menuju Lokasi Kolam Renang Soko Langit

Megahnya Pemandangan Kolam Renang Soko Langit


Kolam Renang Soko Langit Desa Conto Bulukerto Wonogiri terdiri dua bagian kolam renang. Kolam renang anak-anak dan Kolam renang dewasa. Kedalaman kolam renang dewasa Soko Langit adalah 1,5 meter sedangkan kolam anaknya 50 cm. Untuk kolam renang anak sisi-sisi pinggirnya diberi pagar-pagar besi, yeah mungkin maksudnya supaya anak-anak tidak ngglundung ke bawah, sementara di sampingnya adalah kolam renang dewasa tanpa pengaman di sisi pagar dan paling favorit dijadikan spot berfoto


Taken by @anggarawepe

Di kolam renang dewasa inilah, pengunjung bisa berfoto bagaikan berada di kolam renang Bali. Barisan perbukitan yang menghijau yang mengelilingi kawasan Bulukerto berdiri megah. Nampak asri, sekaligus memberikan hawa sejuk di kawasan ini.

Berapa Tarif Berenang Di Soko Langit?

Untuk tarif berenang di Soko Langit pengunjung diharuskan membayar Rp. 7.000. Namun untuk masuk ke kawasan Padepokan Soko Langit sendiri diharuskan membayar Rp. 5.000. Jadi untuk berenang kurang lebiih butuh biaya Rp. 12.000. Oh ya, tambah parkir Rp. 2.000

Selain menghadirkan kolam renang, Soko Langit juga memiliki beberapa wahana wisata yang lain. Seperti flying fox, kebun buah, gardu pandang, juga spot foto di atas kolam renangnya.



rumah Hobbit
docpri
Untuk kebun buah di Soko Langit, terdapat beberapa jenis buah seperti buah naga, pepaya, jambu dan jeruk. Meski begitu, tentu saja buah-buah tersebut tidak selalu ada, lantaran harus mengikuti masa panennya.

Kebun buah naga, diambil beberapa bulan sebelumnya
docpri
Sementara jika ingin menikmati flying fox, kita cukup mengeluarkan biaya Rp. 10.000, dan jika ingin menikmati bentangan ketinggian alam Bulukerto bisa naik ke atas Gardu pandangnya dengan membayar Rp. 2.000 saja.

view gardu pandang soko langit
View dari Gardu Pandang
Taken by @anggarawepe
Jika masih belum puas berfoto-foto maka bisa naik ke bangunan di atas kolam renang yang memiliki spot foto bunga-bunga bentuk love dengan merogoh kocek Rp. 2.000 lagi.

spot foto soko langit
Spot foto di atas kolam renang
docpri
Ada baiknya datang ke Soko Langit selain weekend, karena dijamin obyek wisata yang kabarnya milik orang Dinas Pendidikan ini selalu ramai kalau weekend ataupun hari libur tiba. Seperti kehadiran kami beberapa waktu lalu, yangmana kolam renangnya nyaris serupa cendol. Rame euy!

Di Obyek Wisata Desa Conto Bulukerto tersebut, selain menikmati wahana di atas, kamu juga bisa menikmati kebersamaan bareng keluarga atau teman-teman di gardu-gardu joglonya. Atau, kalau kamu suka keteduhan, bisa dicoba duduk-duduk di bawah ranting-ranting pohon cengkehnya yang ada di dekat mushola sembari mungkin cemal-cemil cengkeh, kalau doyan sih. Haha.

lesehan soko langit
Joglo-joglo untuk lesehan
docpri

Bagaimana Rute Menuju Padepokan Soko Langit?


Rute untuk menuju lokasi Kolam Renang Soko Langit cukup mudah. Rute lokasi Padepokan Soko Langit sendiri dari Wonogiri kota, pacu terus motor ke arah Slogohimo. Nantinya Pasar Slogoimo lurus terus sampai tiba di Pom Bensin Slogoimo. Nah, dari Pom Bensin Slogoimo ini ambil jalan ke kiri yang ada di sampingnya. Setelah itu lurus terus sampai ketemu tong di tengah jalan yang ada di pasar Bulukerto. Nah dari tong ini belok ke kiri, lantas lurus lagi sampai ketemu gerbang Desa Wisata Conto. Dari gerbang ini lantas lurus lagi melewati jalan menanjak, nantinya sebelah kiri ada lokasi parkir untuk ke Padepokan Soko Langit.

PERINGATAN
Jangan gunakan google map karna buanyak yang tersesat dan diarahkan ke jalan yang susah dilalui motor ataupun mobil. Ikuti saja rute yang saya jelaskan di atas. Dan lebih baik andalkan penduduk sekitar untuk sampai ke lokasi Soko Langit

Sepanjang perjalanan menuju kolam renang Soko Langit, barisan perbukitan, dan persawahan yang menghijau nampak menentramkan. Sungguh saya tak henti-hentinya berdecak penuh syukur Wonogiri masih banyak memiliki pemandangan yang asri semacam ini.

Oh ya, selain Padepokan Soko Langit, Desa Wisata Conto juga memiliki beberapa obyek wisata yang lain, seperti hutan Sadiman dan Goa Resi. Untuk Goa Resi Insya Allah akan saya bahas di postingan terpisah. Untuk Obyek Wisata Wonogiri yang lain bisa dibaca di postingan tempo hari.

Terus kalau pengen alternatif kolam renang Wonogiri selain kolam renang Soko Langit Bulukerto mungkin bisa baca postingan saya tentang waterboom gajah mungkur. Jangan lupa untuk membaca postingan tentang Wonogiri yang lain juga.

Nah, kalau dari Soko Langit ingin sekalian mampir kulineran, bisa tuh, coba mampir datang ke Angkringan Tepi Sawah yang ada di Ngadirojo.

Baca Juga



Padepokan Soko Langit

Dusun Nglarangan, Conto, Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57697

You Might Also Like

12 comments

  1. Ditunggu videone hlo.. haha

    Btw.. Obyek, dudu objek..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bar ganti os, urung iso ngedit video je

      thanks ya. langsung tak koreksi. haha

      Delete
    2. Sipp..
      Catatan pas ng Lombok juga hlo ya..

      Delete
  2. Berenang sambil lihat pemandangan gunung seru banget ya ...

    ReplyDelete
  3. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou. Dont forget to read my other article

      Delete
  4. Keren bnagat viewnya dan kolam juga asyik,, mungkin klo weekdays sepi kali yaa jadi bisa serasa kolam pribadi gitu buat fhoto-fhoto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Asal bukan hari sabtu minggu dan hari libur, sepertinya tak akan serame kemarin

      Delete
  5. wonogiri lama lama semakin maju sejak ada mbak Aida blogger wisata hahahaa..
    pengen aku nyemplung ning kolam anget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haishh. Wkwkwk.
      Langsung aja pak main ke Soko Langit. Btw, ini ga ada kolam air angetnya

      Delete

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)