Balada Ketagihan di New Saphir Hotel Jogja

Jogja adalah kota rindu. 
Kota istimewa untuk bertemu orang-orang istimewa. 

***

Jika sebelumnya membicarakan Jogja saya membicarakan Malioboro, maka kali ini saya membicarakan tentang salah satu hotel di kawasan Adi Sucipto.

Sekilas, hotel ini mungkin memang kalah megah dengan hotel-hotel lain di sekitaran Jogja. Bahkan mungkin kalah tinggi dengan hotel di sebelahnya. Namun, pengalaman selama bertahun-tahun tentunya tetap membuatnya survive dan dipercaya oleh banyak orang. Seperti  ujaran Ibu Maria yang mendampingi meja kami kemarin yang kurang lebih seperti ini:


“Hotel di Jogja memang banyak, tapi kebanyakan pelanggan memilih balik lagi ke sini karena masalah hospitality-nya juga karena makanannya”

Awalnya saya mengernyit, “Ahh, masa sih?”

Tapi di acara media dan blogger Gathering di New Saphir kemarin, saya jadi mengakui, ucapan  Ibu Maria cukup beralasan.

Sumber: www.newsaphirehotel.com


Diawali dengan pembukaan di Pool Terrace, sambutan dan hiburan, makan serabi dan mayonaise yang yahut, serta ngopi-ngopi cantik, kami lantas dibawa berkeliling untuk melakukan Hotel tur menjelajahi lokasi-lokasi di New Saphir Hotel.

Mendatangi kolam renang yang pagi itu nampak menyejukkan dengan taman-taman cantik di dekatnya kami memulai agenda tur hotel pada hari itu. Kolam renang yang juga dibuka untuk umum dengan tarif Rp. 39.000++ untuk anak-anak dan Rp. 49.000++ bagi orang dewasa  itu, cukup menarik kami untuk tak luput mengabadikannya dalam bingkai jepretan. Hemmm, saya selalu suka pantulan warna biru lantai kolam renang. Tampak segar dan membuat diri rasanya ingin jeburan.

Kolam renang new saphir
Kolam renang


Elegan Karpet mulai terbentang saat kami keluar lift lantas mulai penjelajahan menuju kamar-kamar di New Saphir Hotel.

Jujugan pertama kami adalah Deluxe Tween Room yang terhubung dengan Royal Suite Room. Sebuah ruangan yang memiliki semacam ruang keluarga yang bisa pula dipakai sebagai ruang tamu. Duhh, rasanya membuat saya enggan pulang.

Ini tempat sungguh kerasa mewahnya. Kebayang bagaimana asyiknya andaikan nginep di sini barengan pasangan, #Oops pasangan siapa Da? 

Ya pokoknya syahdu aja lah keliatannya, nikmatin sensasi berkelas kamar hotel plus ruang tamunya barengan orang tercinta. Lantas buatin si dia kopi pakai fasilitas tea & coffe maker yang memang sudah tersedia. Melanjutkan ngobrol bareng, sambil sesekali ngintipin view sejuk kolam renang yang memang jadi view andalan di kamar ini. Uhh, pasti syahdu tuh.

deluxe room new saphir hotelroyal suite room
royal suite roomroyal suite



Sejenak berkhayal, penelusuran kami musti berlanjut lagi. Lanjutannya adalah mengunjungi 2 kamar yang lain. Superior Room. Ahh, kamarnya kece punya. Biarpun kelasnya di bawah kamar sebelumnya, tetap saja  kamar ini tetap tampil mewah.

superior room


Hotel New Saphir lokasinya berada di lokasi strategis Jogjakarta. Sekitar 15 menit dari bandara Adi Sucipto, dan hanya butuh waktu sebentar untuk sampai ke Malioboro maupun Keraton. Asiknya lagi, sampingnya adalah Lippo Mall yang bisa memudahkan andaikan cari-cari barang. New Saphir Hotel, memiliki total sebanyak 206 kamar. Dengan luas ukuran kamar minimal 30 m persegi dan maximal 106 m persegi.



meeting room new saphirmeeting room new saphir

Penelusuran selanjutnya adalah ruang meeting. New Saphir Hotel menyediakan 14 tempat meeting. Dari yang private muat 5 orang, sampai yang muat hingga max 800 orang. Meeting Room bisa dipakai untuk beragam acara, mulai dari urusan bisnis bahkan tempat wedding.

Ujung dari penelusuran kami adalah kembali lagi ke pool terrace. Namun kali ini, kami dipersilahkan untuk menikmati sajian makanan dari New saphir Hotel Jogja yang terhidang di restonya. Life cooking pun diadakan pula untuk menambah keseruan acara.


resto newsaphirresto newsaphir hotellife cooking new saphirmasakan tradisional newsaphir

Asli, saya dibuat ketagihan dengan makanan New Saphir Hotel. Biasanya, saya kurang cocok dengan masakan hotel yang kerap kali kewestern-western an. Tapi di Hotel New Saphir berbeda. Masakannya harus saya acungi jempol. Hidangan hotel ini mengangkat masakan nusantara. Ada beberapa jajanan pasar khas Jogja dan Jawa tengah tersaji. Kipo, makanan khas Kota Gedhe, merupakan jajanan yang paling berkesan buat saya. Iyalah, baru kali ini saya tau kalau Kota Gedhe punya makanan dengan nama Kipo. Di samping Kipo, gethuk, tiwul dan gatot ikut meramaikan semarak sajian jajan pasar. Nah yang paling bikin penasaran itu adalah pudingnya.

Puding di New Saphir ini, rasanya, olala, super. Manis empuk, pokoknya mantap.


kipo makanan khas kota gedhejajanan pasar new saphirepuding new saphire

Karena doyan mie, maka makan besar kemarin saya memilih mencicip mie godhog buatan Hotel New Saphir. Jauh-jauh ke Jogja cuma makan mie? Eitsss, mie itu makanan yang memang saya suka. Dan ketika di New Saphir kemarin, mienya duhhh wuenak. Penampakannya sih biasa, tapi bumbunya pas. Apalagi karena kemarin life cooking, selera saya makin tergugah.

mie new saphir

Sayangnya, kemarin saya sudah kekenyangan, maka ketika Bu Maria memberitahu saya bahwa menu andalan di New Saphir adalah mangut lele dan buntel daun pepaya, maka saya yang sejatinya penasaran harus cukup berpuas  diri mencicip sedikit saja hidangan mangut lele milik Uti. Mau bagaimana lagi. Kenyang sekali.

Duhh, dan yang saya sesalkan itu saya dibuat ketagihan dengan mangut lelenya, tapi mau nambah lagi udah super kenyang. Sampai rasanya saya pengen mbungkus saja sebenarnya. Tapi kok ya, malu gimana gitu. Wkwkwk. Sedangkan buntel pepaya, mbak Ana Ike berujar bahwa buntel pepayanya mantap, enak, nggak pahit.

Tuh kann, nyesel, kemarin kesini nggak bawa wadah maem, kertas minyak atau mungkin plastik sekiloan sekalian sih. Hihihi.

Sementara mangkok mbak Aya, nyaris penuh semangkuk soto yang terlihat segar dimakan siang hari. Ahhh.

Tapi baiklah, jarak Jogja-Solo kan cukup deket. Kapan-kapan lah saya mampir lagi kemari buat icip-icip mangut lele dan buntel pepaya serta menyeruput sotonya, atau mungkin sekalian nginep hotelnya. 

Setiap hari Sabtu ada acara “Street Food Parade” di depan New Saphir yang menjual aneka rupa jajan pasar. Juga ada jogjavaganza yang menyajikan masakan-masakan tradisional Jogja. 

Hemm, Mungkin pas dua momen itu saya mau dateng ke sana lagi  ahh :D


Hotel New Saphir Jogjakarta

Jln. Laksda Adisucipto No. 38, Maguwoharjo, Depok, Demangan, Sleman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55221

Telepon: (0274) 566222
Website: http://www.newsaphirhotel.com/


You Might Also Like

28 comments

  1. Ada yg ketagihan dengan menu new saphir ya..
    Liputannya keren bsik tulisan dan foto2nya

    ReplyDelete
  2. Hotelnya keren yah, dari depan kelihatan biasa saja... Tapi dalamnya wow hehehhe... Makananya menggairahkan juga tuh, jadi penasaran sama mangut lele :D

    ReplyDelete
  3. Pengen nyebur ke kolamnya. Kelihatan seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe. njeburlah mbak. jangan lupa bawa baju ganti

      Delete
  4. Makanannya berpenampilan cantik. Bikin berselera.

    ReplyDelete
  5. Tempatnya kelihatan nyaman. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau nginepnya gratisan ya mbak :D

      Delete
  6. Lho ini lokasinya di saphir yg lama itu y mbak? Duuh itu menu nya Indonesia sekali, menggiurkan..😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. ganti manajemen. makanya sekarang namanya jadi New Saphir.
      Tastenya memang mengedepankan keIndonesiaan mbak. Enak lho

      Delete
  7. Kolam renangnya cihui bgt mbk.. btw ratenya brp tih klo familly staycation disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk nginepnya range harga dari 850.000 mbak

      Delete
  8. Itu puding namanya apa ya mbak?xixixi enak banget. Semoga kapan-kapan diundang lagi kesana ya. Diundang nginep hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kui mbak, kemarin lupa nanya namanya apa. hihihi. Amin... boleh banget tuh

      Delete
  9. Wkwkwk, emang kondangan di kampung mba, bisa mbungkus.
    Duh, jadi pengin mangut lelenya sama buntel daun pepaya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk. la enak lho mbak. dua makanan itu aku pengen mbungkus pokokke :D

      Delete
  10. Wahhh serunya yaa ke new saphir... kamarnya kecee..

    ReplyDelete
  11. Hotel yang bikin aku baper, soalnya aku ggdapat izin 😢😢😢

    ReplyDelete

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)