Rumah Atsiri Tawangmangu, Wisata pendidikan Masa Depan



Lokasinya berada di desa Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar.  Rumah atsiri ini sarat akan nilai sejarah yang tinggi. Bagaimana tidak, ia merupakan proyek mercusuar Bung Karno. Dimana dalam pembangunannya beliau mengundang para ahli-ahli dari Bulgaria sana.

Karena pergolakan dalam negri di era G30 SPKI para tenaga dari Bulgaria hengkang, meninggalkan bangunan monumental ini dalam kondisi bangunan yang belum sepenuhnya tuntas.

Namun perjalanan Rumah Atsiri terus berlanjut. Berpindah-pindah dari beberapa tangan, beralih-alih fungsi dari pabrik atsiri, pernah menjadi pabrik sumpit dan sekarang pemilik barunya mencoba meneruskan cita-cita Bung Karno,

“Menjadi Mercusuar Dunia Di Bidang  Minyak Atsiri Untuk Menyejahterakan Masyarakat, Bangsa Dan Negara Indonesia”

Kini Rumah Atsiri sedang berusaha terus berbenah, menata diri, menyiapkan “Rumah Atsiri” yang baru.



Pada kunjungan saya yang ke dua ini bersama para blogger, lahan berisi tanaman-tanaman atsiri sudah mulai tumbuh subur, kesan asri daerah khas Tawangmangu-pun kian tertangkap.

Ketika kunjungan saya hari itu, Rumah atsiri sedang mengajak anak-anak SD melakukan kegiatan belajar menulis. Di bagian taman, beberapa anak SD yang lain sibuk berkeliling mendengarkan penjelasan Ibu Julia Ekajati selaku pemilik, yang menerangkan pada mereka tentang  spesies serta fungsi dari tanaman-tanaman di sana.



Nampaknya, hal-hal berbau pendidikan semacam inilah yang sedang digalakkan museum atsiri dalam upayanya mewujudkan visi.

Beragam fiture untuk melengkapi rumah atsiri seperti kids lab, akan diadakan. Biarpun tidak banyak peninggalan barang-barang era lampau di bekas pabrik atsiri ini, karena pemilik lamanya telah menjual banyak peralatannya. Namun ke depan bangunan yang sudah puluhan tahun berdiri ini, tetap akan memperkaya khasanah anak bangsa dengan beragam pengetahuan terutama berupa kekayaan alam yang berhubungan erat dengan atsiri.

 Hemm, sebuah alternativ tempat wisata pendidikan yang cukup menarik di Jawa Tengah nih.

Ya, kita doakan saja, semoga proses revitalisasi Rumah Atsiri bisa lancar dan secepatnya selesai.



Tulisan saya tentang Museum atsiri sebelumnya bisa dibaca kemari. Info tentang Rumah Atsiri yang lain bisa pula dibaca di sini. Atau bisa pula melihat langsung dari web resmi rumahatsiri.com

You Might Also Like

4 comments

  1. plumbon? kalo gk salah di sebelah kanan jalan kan mbak letakknya desa tersebut dari arah solo ke TW? aku juga barusan tau dan denger neh ada tmp bernama rumah atsiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. kanan jalan. tapi nanti masih masuk sedikit ke dalam

      Delete
  2. Apa maksud dan tujuan dari Bung Karno awal dibangun gedung ini ya mbak? Apakah memang untuk memproduksi minyak atsiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada masanya pak karno banyak melakukan kerjasama dengan berbagai negara anggota blok timur mbak. pabrik ini sedari awal memang ditujukan untuk menjadi pabrik atsiri. Tak heranlah, karena memang Indonesia sebenarnya kaya akan bahan alam sumber atsiri yang banyak dibutuhkan oleh dunia

      Delete

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)